Latest News

Punya Kamera Tapi Gak Tahu Cara Merawatnya?? Simak Tipsnya Disini


 Punya kamera tapi tidak tahu cara merawatnya Punya Kamera tapi Gak Tahu Cara Merawatnya?? Simak Tipsnya Disini
Punya kamera tapi tidak tahu cara merawatnya???sayang atuhhh,.mahal harganya (penulisnya   
miskin,heheheh). Kamera juga menyerupai barang elektronik yang lain, tidak bisa sembarangan dalam penggunaanya. Beberapa komponen kamera bisa dibilang sensitive dan gampang rusak jikalau kita salah dalam penggunaan dan salah perawatan.


Hal-hal yang harus diperhatikan dalam merawat  kamera

1.     Batere
Umumnya  kamera-kamera DSLR memakai batere jenis Lithium ion. Batere ini umumnya hanya bisa bertahan selama 500 kali siklus pengisian atau recharge. Jika dirasa memang sudah melebihi batasnya, tidak usah berpikir panjag, kau harus ganti dan jangan lupa buang ditempat khusus.

2.     Lensa
Ini nih yang sering menjadi problem buat cameramist,hehehe,.tipsnya yaitu selalu menjaga kebersihan lensa. Caranya membersihkanya : semprotkan cairan pembersih ke kain khusus atau microfiber. Kemudian usapkan secara perlahan dan hati-hati . Ingat!!!jangan sekali-kali menyemprotkan secara langsung.

3.      Komponen bergerak
Kompoen bergerak menyerupai tombol power, dial, putaran zoom dll sangat rawan untuk rusak. Jika macet, jangan dipaksakan, bawalah ke tempat service terdekat.

4.      Hati2 terhadap zat garam
Jika kau suka memotret di tempat laut, hati-hati,.kenapa?? sebab zat garam di bahari berpotensi menjadikan karat sebab sifat zat tsb yang sangat korosi terhadap logam. Tipsnya yaitu jikalau kamera kau terkena air laut, bersihkan kamera dengan lap yang sedikit dibasahi, kemudian lap secara terus menerus hingga sisa garamnya menghilang.

5.      Debu
Ini juga sering menjadi problem pada kamera. Jangan membersihkan kamera/lensa memakai alat2 yang tidak didesain khusus untuk kamera. Tidak ada salahya demi kamera kesayangan anda, anda harus mengeluarkan dana lebih seprti blower atau dry box/ dry cabinet.

6.      Mematikan dan menghidupkan kamera
Jika kau ingin mengeluarkan batere atau memori card atau saat anda ingin menghubungkan ke computer/ perangkat lain  Cara yang benar yaitu mematikan terlebih dahulu kamera anda. Alasannya yaitu dikhawatirkan kamera tidak tahan dengan perubhan arus listrik yang mendadak. Makara untuk jaga2, ada baiknya menghindari hal ini.

7.     Jangan terkena panas secara berlebihan
Kamera memiliki batas toleransi suhu. Jangan meniggalkan kamera di dalam kendaraan beroda empat yang terkena paparan sinar matahari dalam jangka waktu yang lama

Akhirnya selese juga. Demikianlah sedikit cara merawat kamera, biar kamera anda menjadi lebih awer dan pastinya lebih sering mengabadikan

0 Response to "Punya Kamera Tapi Gak Tahu Cara Merawatnya?? Simak Tipsnya Disini"