Latest News

[Tutorial] Menciptakan Piramida Penduduk Dengan Excel 2007

Hayoooo,. Siapa yang lagi kebingungan menciptakan piramida penduduk? Kali ini www.apa-aja.info akan sedikit memperlihatkan tutorial sederhana bagaimana cara menciptakan Piramida Penduduk memakai Microsoft Excel 2007. Bagaimana kalau aku memakai Excel 2003 atau 2010?? Tenang aja sobat.,. prinsipnya sama aja kox.


Sebelum kita mulai, kita kupas sedikit mengenai piramida penduduk. Piramida penduduk yaitu sebuah diagram penduduk di suatu wilayah yang di bagi berdasarkan jenis kelamin dan kelompok umur. Dengan memakai piramida penduduk, maka akan semakin praktis melihat, kelompok umur mana yang merupakan komposisi terbesar di wilayah tersebut.

Okehhh,. Sudah cukup prolognya. Berikut panduan/ langkah- langkah dalam menciptakan piramida penduduk memakai Excel 2007 :

1.       Pertama yang harus disiapkan yaitu teman harus punya data dari suatu wilayah berdasarkan kelompok umur. Sebagai contoh, aku memakai data penduduk kecamatan Lore Timur. Data aku dapatkan dari Badan Pusat Statistik.

2.       Masukkan data tersebut ke dalam Excel 2007
3.       Jika sudah, buat penduduk pria menjadi minus (-), hal ini semoga diagram batang bergerak ke kanan dan ke kiri. Lebih jelasnya lihat di gambar dibawah :

 Siapa yang lagi kebingungan menciptakan piramida penduduk [Tutorial] Membuat Piramida Penduduk dengan Excel 2007
4.       Blok data yang akan di buat piramida penduduk. Klik Insert >> Pilih diagram batang yang clustered bar





























5. Jika sudah, maka akan terlihat sedikit hasil piramida dari default Excel. Namun ini belum cukup, alasannya yaitu tampilannya sungguh kurang lezat dipandang, kurus- kurus gimanaaaaa gitu,. hahahahah,. Lanjuttt,... klik salah satu sisi diagram, klik kanan >>> pilih format data series
- Pada tab series options >> series overlap buat 100%
- Pada gap width buat 10% saja sudah cukup,. lihat gambar dibawah :



6. Jika sudah terbentuk cukup bagus, terlihat angka kelompok umur di tengah piramida cukup mengganggu, kalau ingin di tepikan ke samping menyerupai gambar dibawah, maka :
- klik di kelompok umur >>> klik kanan >> klik format axis
- lihat pengaturan menyerupai gambar di bawah


6. Oke,. sudah lumayan, tapi masih ada yang mengganjal, yaitu angka minus di bab bawah. Untuk membuatnya menjadi positif, maka klik kanan bab axis >> format axis >> pilih number >>> klik custom >> masukkan arahan 0;[Black]0 (ini berarti nilai yang minus akan dihilangkan negatifnya, dan berwarna hitam,. secara defaultnya memang  0;[Red]0 ,  namun dalam perkara ini aku rubah minus menjadi tanpa minus dan berwarna hitam (silahkan teman berkreasi sendiri) >>> lalu klik add.


Taraaaaaa,. kesannya teman sudah sanggup menciptakan piramida penduduk dengan santunan Microsoft Excel 2007, Sobat tinggal desain- desain aj terserah selera, sanggup dirubah warna, backgroud atau yang lain.

Gimana??? praktis kan??? atau panduannya membingungkan,. hahahahhaiiii,. mohon maaf kalau memang panduannya kurang jelas, nanti akan dibentuk versi video yang sanggup teman lihat di youtube.

Cukup sekian [Tutorial] Membuat Piramida Penduduk dengan Excel 2007, semoga sanggup bermanfaat bagi teman semua. Terus kunjungi blog ini yaaaa,. thx

0 Response to "[Tutorial] Menciptakan Piramida Penduduk Dengan Excel 2007"