Latest News

Domain Desa.Id | Bikin Website Untuk Desamu

 Pengelola Nama Domain Internet Indonesia  Domain desa.id | Bikin Website untuk DesamuDikutip dari pandi.or.id, Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) akan segera
meluncurkan domain berekstensi .id terbaru yaitu desa.id pada tanggal 1 Mei 2013. Domain ini diusulkan sebab desa sebagai satuan pemerintahan terkecil tidak bisa memakai domain berekstensi .go.id ibarat lazimnya instansi2 pemerintahan, Hal ini dikarenakan, berdasarkan peraturan menteri sekarang, domain go.id hanya bisa digunakan hingga level kabupaten/kota.


Namun, sebelum sanggup didaftarkan di registrar-registrar mulai 1 Mei, PANDI akan melaksanakan tahapan pra-registrasi pada 15-27 April 2013. Kegiatan pra-registrasi ini biasa atau lazim dilakukan sebelum merilis nama domain baru.

Menurut Ketua Umum PANDI, Andi Budimansyah, "Pra-registrasi menjamin semua desa mempunyai kesempatan yang sama untuk mendaftarkan sebuah nama domain sebelum diberlakukan prinsip pendaftar pertama atau yang biasa disebut sebagai first come first serve,".

Diharapkan domain desa.id bisa mendukung pengembangan konten internet Indonesia dari wilayah perdesaan. "Ini sejalan dengan jadwal pemerintah untuk membuatkan internet ke wilayah perdesaan. Kami berharap akan muncul konten-konten khas yang berbeda dengan konten ketika ini yang didominasi perkotaan," Andi menandaskan.


Well, berdasarkan saya isu ini cukup bagus. Semoga dengan adanya gerakan ini, jalur informasi dari desa ke desa lebih gampang dan seluruh potensi yang ada di masing2 desa akan lebih terekspos dan dikenal oleh masyarakat luas. Tapi yang lebih penting ialah pembenahan infrastruktur jaringan di setiap desa. Belum semua desa di Indonesia mempunyai fasilitas dalam mengakses internet. Namun, kita jangan hingga memandang sebelah mata gerakan ini. Melakukan sebuah terobosan baru, lebih baik daripada menunggu semua aspek terpenuhi. Maju terus per-internetan Indonesia.

0 Response to "Domain Desa.Id | Bikin Website Untuk Desamu"